Blog Planet Wifi Router is designed as a study material for menperdalam about WI-MAX technology, Wifi, Wireless Internet. May be an asset to our progress sgucci: ANTENA WIMAX DAPAT MENJANGKAU JARAK RADIUS 50KM

Sarana dan Prasarana tempat tongkrongan kedai kopi sambil belajar Dasar-dasar WIFI, Hotspot, dan dunia internet

HOT NEWS

ANTENA WIMAX DAPAT MENJANGKAU JARAK RADIUS 50KM


Jaringan akses internet menggunakan teknologi wireless sebenarnya sudah lama dikenal. Namun yang populer selama ini adalah penggunaan antena WiFi ber-gain type dish atau grid. Kelebihan antena ini dapat menangkap signal hingga 30-an kilometer. Antena jenis ini adalah antena penangkap signal sehingga memiliki kelemahan hanya bisa digunakan untuk satu komputer atau point to point. Artinya satu buah antena untuk satu user. Akses internet dengan antena jenis ini tentu saja memerlukan investasi yang tidak sedikit.

Di masa yang akan datang memang akan ada teknologi yang lebih baik dari teknologi WiFi yaitu WiMAX. Sampai sejauh ini, penggunaan teknologi WiMAX baru digunakan di segmen Metropolitan Area Networks (MAN) yang meliputi area dalam radius 50 km. Berdasarkan hasil riset TelecomViews, pada tahun 2010 atau 2011 diperkirakan lebih dari 40% pasar broadband nirkabel akan dikuasai WiMax. Untuk Indonesia, teknologi WiMAX mungkin baru akan tersedia setelah tahun 2010, oleh sebab itu, sebelum tersedianya infrastruktur WiMAX di Indonesia, kita bisa menggunakan teknologi WiFi untuk membangun jaringan akses internet murah.

Untuk membuat jaringan akses internet menjadi murah tentu saja harus bisa menekan investasi semurah mungkin. Membuat akses internet murah ini dapat dibuat menggunakan teknologi WiFi. Teknologi ni sebenarnya sudah lama dipergunakan oleh para ISP yang menyediakan sambungan wireless, namun sistem yang dipakai selama ini yaitu jenis antena WiFi penangkap signal yang dipasang pada setiap klien untuk menangkap signal yang dipancarkan dari ISP. Sistem ini menjadi mahal karena satu antena untuk satu klien.

Untuk menekan biaya semurah mungkin, akan disajikan cara pembuatan jaringan dengan mengadopsi cara kerja ISP. Dengan kata lain, Anda sebagai pemilik akan berperan sebagai ISP lokal untuk area tertentu. Komputer klien untuk jarak dekat dan tanpa hambatan hanya memerlukan wireless adaptor. Untuk Laptop, wireless adaptor ini biasanya sudah build in, sedangkan untuk PC yang belum dilengkapi wireless adaptor dapat dipasang wireless adaptor PCI atau USB.

Dengan menggunakan antena jenis pemancar atau penguat signal, Anda dapat mengadopsi teknologi yang dipakai oleh para ISP yang menyediakan sambungan wireless tersebut dengan menerapkan prinsip kerja sebagai ISP lokal. Akses internet yang Anda miliki dapat dipancarkan melalui antena penguat signal dan diakses oleh komputer klien. Antena ini adalah antena type omni yang memancarkan signal horizontal 360°. Antena omni penguat signal hasil produksi Indonesia yang tersedia saat ini baru bisa menjangkau
paling jauh untuk area 9 kilometer 360° (efektif jarak ± 1 km). Antena omni ini kompatibel dengan wireless tipe B, G atau N yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Aplikasi di lapangan Anda bisa saja menggunakan jenis lain yang dirasa lebih sesuai dengan kebutuhan.

Ada 2 (dua) macam antena omni (buatan lokal) yang direkomendasikan. Antena ini produk lokal asli Indonesia, yaitu Produk Gemini Tech Indonesia.
  1. Antena Omni OM 1524, harga Rp 750,000,- Antena dengan jangkauan maksimal 5 km² cocok dipergunakan untuk membangun jaringan akses internet pada komplek perumahan atau kawasan padat penduduk. Walaupun kekuatan maksimal 5 km namundirekomendasikan untuk klien yang letaknya tidak lebih dari satu km agar signal tetap kuat dan stabil.
  2. Antena Omni OM 2024, harga Rp 1.400.000,- Antena type ini memiliki jangkauan maksimal 9 km cocok untuk membangun jaringan akses internet yang lebih luas.Dengan antena jenis ini bisa dipergunakan untuk membuat ISP lokal atau dikembangkan untuk "warnet plus". 

Prinsip kerja jaringan akses internet ini adalah shared akses. Anda sebagai pemrakarsa atau pemilik harus menetapkan target lingkup sesuai kondisi lokasi. Misalnya Anda tinggal dalam komplek perumahan yang padat dengan user yang saling berdekatan dan target Anda membuat jaringan akses internet murah. Atau Anda dapat mengakses internet gratis unlimited. Bisa juga dengan target membuat jaringan akses internet dengan tujuan bisnis dengan bertindak sebagai ISP lokal.

Target akses internet murah bilamana biaya akses internet terbagi sama dengan beberapa klien termasuk Anda sebagai pemilik. Dengan cara ini tentu beban biaya menjadi sangat murah.

Target akses internet gratis bila biaya akses internet terbagi habis untuk klien tidak termasuk Anda. Sebagai pemilik, Anda bebas menggunakan tanpa ikut menanggung biaya.

Target bisnis bila jaringan akses internet melibatkan lebih banyak klien sehingga biaya yang dibebankan kepada klien akumulasinya lebih besar dari biaya akses yang harus dikeluarkan. Untuk tujuan ini paling efektif adalah membuat "warnet plus" yaitu akses internet yang selain melibatkan banyak klien juga dimanfaatkan untuk warnet.

5 comments :

  1. cara beli antenaya di mana.ada nga di balikpapan

    ReplyDelete
  2. mas bos, ini beneran apa nggak..??

    ReplyDelete
  3. Anonymous5:44 PM

    Di mana pesan barangx bos. (Sultra-kendari)

    ReplyDelete
  4. ngigau ni admin

    ReplyDelete
  5. Di mane beli alat tempurnya ini mas.

    ReplyDelete