Lenglengan Si Liar Multiguna untuk pengusir nyamuk dan setan


Lenglengan
Si Liar Multiguna untuk pengusir nyamuk dan setan

Seperti tanaman liar lain, lenglengan juga mudah tumbuh di mana saja. Herba ini memiliki beragam manfaat. Ia bisa membantu meredakan gangguan pencernaan pada bayi, hingga mengurangi gangguan tidur atau insomnia ringan.

Cukup banyak tanaman yang tumbuh liar di halaman rumah Wati. Supaya terkesan lebih asri, Wati rajin mencabuti tanaman liar tersebut. Namun, ada satu jenis tanaman yang urung ia cabut karena dilarang neneknya, yang biasa ia sapa Mbah Widji. Menurut penjelasan Mbah Widji, tanaman dengan tinggi sekitar 20-30 cm itu biasa disebut lenglengan.

Menurut pengalaman Mbah Widji, lenglengan memiliki banyak manfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan, contohnya mengatasi keluhan sakit perut pada balita. Tanaman yang memiliki nama Latin Leucas lavandulifolia itu sudah digunakan sebagai obat oleh masyarakat di sekitar wilayah itu, sejak Mbah Widji kecil.

"Caranya juga cukup mudah. Ambil saja beberapa helai daun lenglengan, pilin dengan kedua tangan hingga keluar airnya, lalu tempelkan di pusar balita. Biasanya setelah diberikan ramuan itu, gangguan pencernaan seperti perut kembung atau diare dapat berkurang," paparnya.

Untuk beberapa penyakit lain, Mbah Widji hanya tahu beberapa macam penggunaan. Di antaranya untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan tidur, panas, dan cacingan. Untuk cacingan, nenek tiga cucu ini membuat ramuan dengan memanfaatkan rebusan daun lenglengan.

Mengandung fitokimia

Sifat alami herba ini adalah pahit, pedas, dan hangat. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan National Science and Technology Authority, dalam bukunya Guidebook on the Proper Use of Medicinal Plants, daun lenglengan mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat untuk kesehatan.

Daun adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk ramuan. Bagian daun mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida, serta tanin.

Bila dimanfaatkan secara langsung selagi segar, tanpa harus direbus maupun dikeringkan, daun lenglengan dapat digunakan dengan cara dipilin atau ditumbuk sebagai bobok. Selain itu, bisa juga dijemur terlebih dulu dan disimpan sebagai bahan kering, sehingga siap digunakan sewaktu-waktu.

Cara ini kini mulai banyak digunakan. Tak heran, di beberapa gerai obat tradisional, daun lenglengan yang sudah dikeringkan banyak dijual.

Seperti dijelaskan Nandar, seorang penggemar tanaman obat di daerah Kampung Melayu. Nandar biasa menjual daun lenglengan kering sekantong plastik kecil dengan harga 5.000 rupiah. Sayang, saat ditemui GHS, persediaan lenglengan kering di kedainya sedang kosong.

Empiris semata

Ditegaskan Nandar, lenglengan sebenarnya mudah tumbuh di mana pun dan tidak mengenal cuaca. Masalahnya, tidak banyak orang yang tahu manfaatnya, sehingga sering menganggapnya tanaman liar yang tak berguna atau bahkan sengaja mencabutnya bila tumbuh di taman maupun di pekarangan rumah.

Tentang khasiat lenglengan yang berkembang di masyarakat, Nandar mengakui memang hanya berdasarkan pengalaman empiris. Tak heran, rata-rata yang mengetahui manfaat daun lenglengan adalah orang tua. Apalagi di dalam negeri belum banyak literatur maupun tulisan yang membahas khasiat lenglengan.

Meski begitu, tak ada salahnya bagi Anda, terlebih yang memiliki anak balita, untuk mencoba memasukkan lenglengan dalam koleksi tanaman obat di halaman rumah. Jangan sampai herba berkhasiat ini terus-menerus dianggap tanaman liar yang tak berguna. Bisa saja malah nantinya diakui serta dimanfaatkan lebih jauh oleh bangsa lain.

Memanfaatkan Daun Setan

Lenglengan ternyata memiliki cerita mistis, sehingga di sejumlah wilayah, terutama di Jawa Timur, disebut daun setan. Tanaman ini dipercaya mampu mengusir setan ataupun makhluk halus.

Kepercayaan itu terus hidup sampai sekarang. Tak heran, banyak orang menanam Lenglengan di tanah kosong agar pekarangannya bebas dari gangguan makhluk halus. Tentang khasiat lenglengan, inilah contoh ramuannya:

1. Obat mulas dan masuk angin pada balita
- Ambil segenggam daun lenglengan segar, kemudian pilin dengan kedua telapak tangan hingga keluar air. Setelah itu tempelkan di perut anak untuk beberapa saat.
- Ambil daun lenglengan segar secukupnya, cuci bersih lalu ditumbuk. Tambahkan sedikit minyak kayu putih, lalu tempelkan di perut anak Anda.

2. Obat sakit kepala
- Ambil dua genggam daun lenglengan, kemudian tumbuk hingga halus. Tempelkan di pelipis kanan dan kiri. Ramuan ini mirip param karena sifatnya hangat.
- Ambil segenggam daun segar, dicuci, lalu digiling halus. Tambahkan satu cangkir air bersih. Basahi handuk kecil ke dalam ramuan tadi, lalu kompreskan di kening. Lakukan 3 kali sehari.

3. Obat untuk gangguan tidur
- Ambil segenggam daun segar, dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring. Jika perlu tambahkan susu, lalu diminum.

4. Obat cacing
- Ambil dua genggam daun lenglengan kering, lalu rebus dengan segelas air. Dinginkan dan saring sebelum diminum. Dapat ditambahkan satu sendok madu.

No comments:

Post a Comment