Blog Planet Wifi Router is designed as a study material for menperdalam about WI-MAX technology, Wifi, Wireless Internet. May be an asset to our progress sgucci: Mengatur Bandwith dengan One Simple queue for whole network (PCQ)

Sarana dan Prasarana tempat tongkrongan kedai kopi sambil belajar Dasar-dasar WIFI, Hotspot, dan dunia internet

HOT NEWS

Mengatur Bandwith dengan One Simple queue for whole network (PCQ)

Bandwidth yang sama untuk Jumlah PenggunaPer Connection Queue (PCQ) adalah disiplin antrian yang dapat digunakan untuk menyamakan dinamis atau bentuk lalu lintas untuk beberapa pengguna, menggunakan sedikit administrasi. Hal ini dimungkinkan untuk membagi skenario PCQ menjadi tiga kelompok utama: bandwidth yang sama untuk sejumlah pengguna, bandwidth pemerataan tertentu antara pengguna, tidak diketahui bandwidth yang pemerataan antara pengguna.
Gunakan PCQ jenis antrian ketika Anda perlu untuk menyamakan bandwidth [dan menetapkan batas max] untuk sejumlah pengguna. Kami akan mengatur download 64kbps dan 32 kbps batas upload.



Ada dua cara bagaimana membuat ini: menggunakan mangle dan queue tree atau, menggunakan antrian sederhana.
1.      Mark semua paket dengan paket-tanda meng-upload / download: (mari kita menganggap bahwa ether1-LAN adalah antarmuka publik ke Internet dan ether2-LAN adalah antarmuka lokal di mana klien yang terhubung.
/ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-packet \
   in-interface=ether1-LAN new-packet-mark=client_upload
/ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-packet \
   in-interface=ether2-WAN new-packet-mark=client_download
2. Mengatur dua jenis antrian PCQ - satu untuk di-download dan satu untuk upload. dst-address adalah classifier untuk pengguna men-download lalu lintas, src-address untuk lalu lintas meng-upload ::
/queue type add name="PCQ_download" kind=pcq pcq-rate=64000 pcq-classifier=dst-address
/queue type add name="PCQ_upload" kind=pcq pcq-rate=32000 pcq-classifier=src-address
3. Akhirnya, dua aturan antrian yang diperlukan, satu untuk di-download dan meng-upload satu untuk:
/queue tree add parent=global-in queue=PCQ_download packet-mark=client_download
/queue tree add parent=global-out queue=PCQ_upload packet-mark=client_upload
Jika Anda tidak suka menggunakan mangle dan quene tree, Anda dapat melewatkan langkah 1, melakukan langkah 2, dan 3 langkah akan membuat quene sederhana seperti yang ditunjukkan di sini:
/queue simple add target-addresses=192.168.0.0/24 queue=PCQ_upload/PCQ_download
Pemakaian
PCQ diperkenalkan untuk mengoptimalkan sistem QoS besar, di mana sebagian besar antrian yang persis sama untuk sub-aliran yang berbeda. Misalnya sub-aliran dapat men-download atau meng-upload untuk satu klien tertentu (IP) atau koneksi ke server.
Algoritma PCQ sangat sederhana - pada awalnya menggunakan yang dipilih pengklasifikasi untuk membedakan satu sub-stream dari yang lain, maka berlaku individu ukuran antrian FIFO dan pembatasan pada setiap sub-aliran, maka kelompok semua sub-aliran bersama-sama dan berlaku ukuran antrian global dan keterbatasan.
Parameter PCQ:
pcq-classifier (dst-address | dst-port | src-address | src-port; default: ""): pemilihan sub-aliran pengidentifikasi
pcq-rate (jumlah): maksimal tersedia data rate masing-masing sub-uap
pcq-limit (nomor): ukuran antrian sub-aliran tunggal (di KIB)
pcq-Total-batas (nomor): jumlah maksimum data antri di semua sub-aliran (di KIB)


Jadi, bukannya memiliki 100 antrian dengan 1.000 kbps batasan untuk di-download kita bisa memiliki satu PCQ antrian dengan 100 sub-aliran
Contoh  klasifikasi
Untuk lebih memahami klasifikasi kami akan mengambil daftar 18 paket stream dari alamat tertentu dan port, untuk alamat tertentu dan port. Kemudian kita akan memilih classifier dan membagi semua 18 paket aliran ke PCQ sub-aliran.


Contoh Tingkat PCQ
Berikut adalah mungkin untuk melihat apa yang terjadi jika PCQ-rate, atau tidak ditentukan. Saya harus mencatat bahwa jika kedua batas (PCQ-tingkat dan max-limit) yang tidak ditentukan, perilaku antrian bisa tidak tepat. Sehingga sangat disarankan untuk memiliki setidaknya satu dari pilihan ini ditetapkan.


Pelaksanaan PCQ baru (v5.0RC5)
PCQ ditulis ulang di v5.0RC4 mengoptimalkannya throughput yang tinggi baik di Mbps dan pps. Implementasi ini benar memanfaatkan semua fitur Kernel Linux baru, ini membuat PCQ lebih cepat dan menuntut sumber daya kurang.
Sekarang secepat aliran baru yang diaktifkan akan mendapatkan 1/4 tingkat dengan prioritas tertinggi. Jika tingkat adalah "0" sub-aliran tidak akan memiliki fitur ini (1/4 dari "0" adalah "0")
Hal ini diperlukan untuk mengetahui untuk satu alasan yang baik: Mari kita asumsikan tingkat sub-stream adalah 10Mbps, sehingga pada saat ketika sub-aliran baru akan meminta lalu lintas itu akan mendapatkan 2500k pertama lalu lintas tanpa batasan. Hal ini dapat mengakibatkan tinggi yang menghasilkan program-program seperti Speedtest.net diharapkan. Untuk menghindari itu memastikan bahwa Speedtest.net bukan program pertama yang memanfaatkan bandwidth yang Anda berjalan di PC.
Juga mulai dari v5.0RC5 PCQ memiliki fitur baru
PCQ Burst untuk sub-stream. PCQ akan meledak implementasi identik dengan Antrian Sederhana dan Queue Tree
Parameter PCQ:
pcq-meledak-tingkat (jumlah): maksimal upload / download data rate yang dapat dicapai sedangkan meledak untuk Substream diperbolehkan
pcq-meledak-threshold (jumlah): ini adalah nilai meledak on / off switch
pcq-burst-time (waktu): periode waktu, dalam detik, di mana data rate rata-rata dihitung. (Hal ini tidak saat meledak sebenarnya)
Untuk penjelasan rinci meledak merujuk ke:
Ledakan
PCQ juga memungkinkan untuk menggunakan ukuran yang berbeda IPv4 dan IPv6 jaringan sebagai sub-aliran pengidentifikasi. Sebelum itu terkunci ke alamat IP tunggal. Hal ini dilakukan terutama untuk IPv6 sebagai pelanggan dari sudut pandang ISP akan diwakili oleh / 64 jaringan, tetapi perangkat dalam jaringan pelanggan akan / 128. PCQ dapat digunakan untuk kedua skenario tersebut dan banyak lagi.
Parameter PCQ:
pcq-dst-address-mask (jumlah): ukuran jaringan IPv4 yang akan digunakan sebagai dst-address identifier sub-stream
pcq-src-address-mask (jumlah): ukuran jaringan IPv4 yang akan digunakan sebagai src-address identifier sub-stream
pcq-dst-address6-mask (jumlah): ukuran jaringan IPv6 yang akan digunakan sebagai dst-address identifier sub-stream
pcq-src-address6-mask (jumlah): ukuran jaringan IPv6 yang akan digunakan sebagai src-address identifier sub-stream.

No comments :

Post a Comment